History

Home / History

Sejarah SMA Bakti Mulya 400


Pada tanggal 30 September 1983 telah ditandatangani surat perjanjian kerja sama dalam bidang pendidikan antara Yayasan Keluarga 400 dengan Yayasan Pondok Mulya. Yayasan Keluarga 400 merupakan organisasi yang menghimpun ex Tentara Pelajar Batalyon 400 Brigade 17, sedangkan Yayasan Pondok Mulya adalah yayasan pengelola Real Estate Pondok Indah.

Dalam rangka kerja sama tersebut, lahirlah Badan Kerja Sama Pendidikan Pondok Mulya Ikatan Keluarga 400 disingkat BKSP Pondok Mulya – Keluarga 400. Keputusan kerja sama tersebut merupakan kesepakatan bersama untuk ikut berperan serta dalam menopang kebijakan pemerintah di bidang pendidikan melalui usaha penyediaan fasilitas pendidikan yang menampung anak-anak usia sekolah.Selanjutnya dalam usaha kerja sama tersebut, menggunakan nama Badan Kerja Sama Pendidikan Pondok Mulya – Ikatan Keluarga 400. Pada waktu diadakan akreditasi sekolah oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, disepakati nama yang lebih praktis yaitu Badan Kerja Sama Pendidikan Bakti Mulya 400, disingkat BKSP Bakti Mulya 400.

Dalam melaksanakan kegiatannya,BKSP Bakti Mulya 400 berpegang pada motto:”Berbakti Pada Nusa dan Bangsa Seumur Hidup”. Motto ini dilandasi idealisme dan bermodal patriotisme dengan meyakini bahwa pendidikan merupakan “human investment” yang mempunyai jangkauan jauh ke masa depan.

Tujuan pendidikan yang ingin dicapai adalah membentuk insan Pancasila yang sehat jasmani dan rohaninya, taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, cerdas dan trampil, berbudi pekerti luhur, kuat kepribadiannya, tebal semangat kebangsaannya dan mencintai tanah airnya, sehingga dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

Dengan penandatanganan surat perjanjian tersebut, maka lahirlah lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bakti Mulya 400 pada tanggal 10 Juli 1985, yang sekaligus dijadikan tonggak kelahiran BKSP secara operasional. Tahun berikutnya menyusul lahir Sekolah Dasar (SD) Bakti Mulya 400 yang turut melengkapi  lembaga-lembaga pendidikan terdahulu. Dan 14 tahun kemudian  tepatnya pada tahun pelajaran 1999/2000 lahirlah Sekolah Menengah Atas (SMA) Bakti Mulya  400, sehingga BKSP Bakti Mulya 400 telah lengkap mempunyai unit pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA.

Prestasi awal  SMA Bakti Mulya 400 telah dipercaya sebagai pasukan paskibra pada upacara hari sumpah pemuda 28 Oktober 1999 di Kanwil Jakarta Selatan. Sekolah yang terdiri dari tiga lantai dengan dilengkapi sarana pembelajaran Lab IPA (Kimia, Fisika, Biologi), Lab Bahasa, Lab Komputer,Perpustakaan, Green House, Studio musik, lapangan olah raga indoor-out door, Mushalla , Kantin, 18 ruang kelas ber-AC  dan sarana penunjang lainnya. Pada tanggal 18 s.d 21 Juni tahun 2001 telah mengadakan gelar Budaya  Internasional 2001 sebagai duta budaya di Belanda.

Tahun 2002, SMA Bakti Mulya 400 khususnya dan sekolah – sekolah Bakti Mulya 400 telah mengembangkan penerapan teknologi informasi  melalui sistem sekolah ON-Line/ sehingga para orang tua dapat mengikuti perkembangan  /kemajuan prestasi putra putrinya melaui akses internet http//www.baktimulya400.com.

Tahun 2005, Sekolah yang terletak di Pondok Indah  Jakarta Selatan  tersebut telah ditunjuk  sebagai Science Center Mata Pelajaran Bahasa Inggris  oleh Dinas pendidikan  Menengah dan Tinggi Subdis SMA. Penunjukkan  ini bertujuan untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran Bahasa Inggris pada sekolah menengah Atas  di wilayah Provinsi DKI Jakarta Raya.

Tahun 2004, SMA Bakti Mulya 400 diakreditasi oleh Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Dikmenti Provinsi DKI Jakarta  dan mendapatkan penilaian “A”.

Tahun 2005, siswa- siswi SMA Bakti Mulya 400 kembali menunjukkan kebolehannya  melalui gelar Pentas Budaya Internasional di Turki yang diselenggarakan oleh TUFAG, bertemakan “19th TUFAG International Folk Dance Festival” (From 25 June to 2 July 2005 – Yalova ).

Pada tahun pelajaran 2008/2009, SMA Bakti Mulya 400 , ditunjuk Dinas  Pendidikan Menengah DKI Jakarta, sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (RSKM) dengan pelaksanaan moving class pada kelas X tahun 2009/2010, SMA Bakti Mulya 400 dinyatakan sebagai Sekolah Kategori Mandiri (SKM) yang memenuhi 8 standar pendidikan menuju pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS).Pada ada tahun ajaran 2012/2013 melaksanakan Sistem Kredit Semester (SKS) dengan tri semester dalam satu tahun dan membuka kelas program 2 tahun. Dalam proses pembelajaran SMA Bakti Mulya 400 berperan aktif dalam penerapan Kurikulum 2013 yang berbasis pada inovatif dan peningkatan kompetensi guru. Untuk pelajaran tahun 2014-2015 SMA Bakti Mulya mendapatkan peningkatan prestasi dalam peningkatan prestasi siswa, dimana 18 siswa/i SMA Bakti Mulya 400 diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan ragam jurusan Favorit. Periode pelajaran 2015-2016 Sekolah Bakti Mulya 400 mendapatkan peniliaian dari DIKMENTI dengan Akreditasi "A" dengan nilai 98 yang sangat memuaskan.   

Demikian sejarah singkat berdirinya SMA Bakti Mulya 400  dan hasil prestasi yang dicapai  sampai angkatan ke-14 semoga SMA Bakti Mulya 400 terus berprestasi dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat DKI Jakarta dan Indonesia.